10 Binatang Purba Langka Namun Masih Dapat Ditemukan Sampai Saat Ini

Ratmaja.com - Binatang purba yang masih hidup hingga sekarang ini haruslah dijaga agar tidak mengalami kepunahan dan bisa hidup sampai seterusnya. Mungkin kita sudah mengenal beberapa hewan purba yang masuk dalam pelajaran di sekolah. Banyak di antara binatang itu sudah punah karena seleksi alam namun ada yang masih hingga sekarang, seperti keturunannya.

Daftar binatang purba langka untuk ditemui


1.    Sturgeon

copyright by tnaqua.org

Hasil study mengatakan jika Sturgeon masih merupakan hewan purba yang masih hidup hingga kini. Dipercaya jika hewan ini sudah sejak 200 juta tahun yang lalu dan telah berevolusi dengan lambat. Sayangnya, ikan ini sangat sulit untuk ditemukan karena keberadaannya yang hampir punah.

2.    Buaya

copyright by livescience.com

Ternyata, buaya merupakan salah satu hewan purba yang masih ada. Meskipun tidak sama persis dengan nenek moyangnya, namun secara umum bentuk dan fisiknya sangatlah mirip dengan buaya yang pernah hidup pada 200 juta tahun yang lalu. Jadi, bisa dikatakan jika buaya adalah salah satu hewan yang sudah hidup sejak lama. (Baca juga: 7 Planet yang Mirip dengan Bumi Telah Ditemukan Peneliti)

3.    Ummidia audouini

copyright by eoapreserve.blogspot.co.id

Salah satu jenis laba-laba ini diduga sudah ada sejak 400 juta tahun yang lalu. Hasil penelitian mengatakan jika hewan ini masih satu keturunan dengan kalajengking karena terdapat lapisan khusus di punggungnya, seperti kalajengking.

4.    Martialis Heurika

copyright by wikimedia.org

Binatang purba tertua yang masih ada hingga kini diperkirakan sudah sejak 120 juta tahun yang lalu. Jenis semut ini dipercaya bisa ditemukan di Brazil tepatnya hutam Amazon pada tahun 2000. Arti nama generic hewan ini adalah berasal dari mars yang merupakan keturunan dari Martialinae.

5.    Lamprey

copyright by youtube.com

Hewan purba laut ini hampir sama dengan belut, hanya saja hewan purba ini dilengkap dengan gigi-gigi yang tajam dan dapat menghisap darah. Diperkirakan jika hewan ini sudah ada sejak 360 tahun yang lalu.

6.    Tadpole Shrimp

copyright by projectnoah.org

Hewan yang serupa dengan udang tapi termasuk jenis kecebong ini diduga sudah ada sejak 70 tahun yang lalu dan sekarang ini, masuk dalam hewan terancam punah. Hasil temuan fosil hewan ini ternyata berasal dari masa Upper Triassic. Berdasarkan penemuan ini kemudian diketahui jika hewan ini tidak banyak mengalami perubahan.

7.    Hiu Goblin

copyright by ibtimes.co.uk

Salah satu jenis hiu ini dipercaya sebagai satu-satunya hiu yang pernah hidup 120 juta tahun yang lalu. Alasan mengapa ikan ini dinamai Hiu Goblin karena bentuknya yang jelek namun tidaklah berbahaya. Jadi, Anda tidak perlu begitu takut dengan hewan dengan nama hiu ini.

8.    Horseshoe crabs

copyright by wn.com

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, nama ini berarti kepiting tapal kuda yang sudah ada sejak 450 tahun yang lalu. Hewan purba terganas ini masih ada hingga sekarang, meskipun jumlahnya yang tidak banyak dan sudah mengalami evolusi. Namun, bentuk dan fisiknya masihlah mencerminkan hewan purba tersebut.

9.    Pelican

copyright by tekara.com

Bentuk hewan ini mungkin lebih terlihat seperti binatang zaman sekarang, artinya bukanlah berasal dari masa purba. Namun, ternyata burung ini termasuk dalam hewan purba yang pernah hidup pada zaman Dinosaurus. Diperkirakan jika hewan ini berusia 30 juta tahun yang lalu. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya fosil yang pernah ditemukan sebagai bukti.

10.    Coelacanth

copyright by youtube.com (2)

Hewan purba kala yang pernah dianggap punah karena tidak ditemukan lagi spesies dari hewan ini. Hingga akhirnya, ditemukan kembali ikan ini pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan. Hewan ini sudah sangat sulit untuk ditemukan dan dikatakan jika hewan ini hampir menuju pada kepunahan.

Demikian berbagai informasi mengenai binatang purba yang dapat ditemui sampai saat ini meskipun sangat langka.

Related Posts:

0 Response to "10 Binatang Purba Langka Namun Masih Dapat Ditemukan Sampai Saat Ini "

Posting Komentar