10 Contoh Hewan Langka di Dunia yang Nyaris Punah

Ratmaja.comContoh hewan langka di dunia ini membuat kita harus semakin peduli dengan makhluk yang hampir punah. Kepunahan salah satu bangsa hewan membuat ekosistem akan berubah sehingga kita harus senantiasa menjaga keseimbangan ekosistem di dunia agar tidak mendapatkan masalah yang berarti demi kelangsungan hidup manusia.

Hampir punah, ini dia contoh hewan langka


1. Macan tutul Amur
copyright by darkroom.baltimoresun.com

Jenis macan Amur sekarang berada di Perancis. Dikatakan bahwa hewan ini hampir menuju kepunahan akibat ulah para pemburu liar yang mengincarnya. Menurut kabar, hewan ini baru saja melahirkan bayinya dan kini sudah berusia 15 bulan. Macan ini memiliki kulit yang indah dan tebal. Tidak heran jika banyak orang yang memburu hewan langka tersebut untuk diambil kulitnya sebagai bahan pakaian yang berkualitas. Saat ini, macan tutul Amur hanya tersisa 30 ekor yang tersebar di seluruh dunia. 

2. Badak bercula satu
copyright by wisatabanten.com

Habitat badak bercula satu sekarang berada di Ujung Kulon, Jawa yang masih menyisakan 58 ekor saja. Hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah karena merupakan contoh hewan langka yang dilindungi di Indonesia.

3. Gajah Sumatera
copyright by worldwildlife.org

Setiap tahun, spesies hewan ini terus mengalami penurunan. Bahkan, dalam waktu 25 tahun ini, penurunan spesiesnya mencapai 80%. Habitat asli hewan ini memanglah di Sumatera, Indonesia, namun lambat laun habitat semakin diusik oleh manusia yang tak bertanggungjawab. Sampai saat ini, hanya tersisa sekitar 2.400 sampai 2.800 ekor gajah yang bertahan di alam liar.

4. Penyu belimbing
copyright by kkp.go.id

Salah satu spesies yang ada di Papua ini memiliki bentuk tubuh yang begitu besar, bahkan menjadi penyu paling besar di dunia. Sayangnya, populasi dari hewan lucuberbentuk seperti belimbing tersebutsemakin berkurang karena maraknya perburuan liar atau terkena jaring nelayan serta habitatnya yang kotor yang menyebabkan penyu harus memakan sampah.

5.     Saola
copyright by beobachter.ch

Hewan ini sejenis dengan kuda unicorn Asia dimana populasinya sudah sangat terbatas. Sekarang kemungkinan populasi Saola hanya menyisakan puluhan ekor saja. Contoh hewan langka terancam punah ini harus benar-benar dijaga kelestariannya.

6. Gorila dataran rendah
copyright by danau-berita-blog.blogspot.co.id

Hewan ini sudah termasuk dalam hewan yang langka namun perburuan liar masih saja terjadi. Gorila ini sering diburu untuk diambil dagingnya dan digunakan sebagai bahan olahan. Gorila yang masih anak-anak pun juga turut diambil untuk dipelihara hingga besar sampai akhirnya juga digunakan sebagai bahan olahan.

7. Vaquita
copyright by huffingtonpost.com

Hingga saat ini, salah satu satwa biota laut ini hanya tersisa sekitar 100 ekor saja. Habitat asli dari hewan ini ada di Teluk California, Inggris.

8.Gorila Gunung
copyright by dunia-fauna-pusrefil.blogspot.co.id

Hewan langka di dunia ini dapat ditemukan di daerah Rwanda, Republik Demokratik Kongo. Hewan ini masuk ke dalam penangkaran Taman Nasional Bwindi karena sangat dijaga ketat oleh pemerintah agar tidak punah. Pemburuan secara besar-besaran sering dilakukan pada habitat aslinya sehingga populasi hewan ini pun semakin berkurang.

9. Harimau Siberia
copyright by tigers-world.com

Harimau ini juga sering disebut sebagai harimau Amur. Salah satu genus kucing-kucingan ini memiliki tubuh terbesar di seluruh dunia. Namun, spesies ini semakin berkurang setiap tahunnya. Banyak orang yang memburu hewan ini karena dapat dijadikan sebagai obat di China, kerusakan habitat akibat kebakaran membuat populasinya terancam punah.

10. Lemur bambu besar
copyright by poshariini.blogspot.co.id

Hewan lucu dan imut ini dapat ditemui di wilayah Madagaskar. Populasi hewan lemur bambu besar berkurang banyak saat ini, bahkan diperkirakan hanya tersisa 60 ekor yang masih hidup di alam liar. Sementara sekitar 150 ekornya berada di pusat penangkaran seluruh dunia.

Demikian contoh hewan langka yang hampir punah karena tindakan-tindakan manusia tidak bertanggung jawab.

0 Response to "10 Contoh Hewan Langka di Dunia yang Nyaris Punah"

Posting Komentar