10 Ikan Hias Air Tawar Dengan Bentuk Unik

Ratmaja.com – Ikan hias air tawar ini dapat dijadikan sebagai teman di rumah Anda dengan keindahan tubuhnya yang menawan. Ikan memiliki jenis yang sangat banyak, termasuk ikan hias yang hidup di air tawar. Keindahan dari ikan itu dapat menarik perhatian banyak orang sehingga tak heran kemudian bermunculan usaha ikan hias ini.

Ikan hias air tawar berbentuk unik

1. Ikan Arwana Scleropages sp.


copyright by pinterest.com

Ikan ini mempunyai banyak nama panggilan mulai dari ikan silok, naga, kalisaka, payang, kalasan, siluk sampai khayangan. Tubuhnya yang besar dengan sisik yang menarik membuat ikan ini disukai oleh banyak orang. Ikan Arwana termasuk hewan puba yang masih bertahan hingga sekarang. Inilah jenis ikan hias dan harganya.

2. Ikan Cupang

copyright by binatangpeliharaan.org

Habitat asli ikan ini berada di rawa-rawa daerah tropis. Bentuk dan warna ikan ini sangatlah bervariasi sehingga dijadikan sebagai ikan hias. Selain itu, karena sifatnya yang cukup agresif, tak jarang membuat ikan cupang juga dijadikan ikan aduan.

3. Ikan Lou Han


copyright by fishuntitled.blogspot.co.id

Ikan hias terindah ini pernah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia karena kecantikannya. Diketahui bahwa ikan ini tidak bisa ditemukan di alam bebas karena ikan Lou Han adalah hasil persilangan antara beberapa jenis ikan Cichild.

4. Ikan Mas Koki

copyright by satujam.com

Ikan mas ini terkenal dengan bentuk bulat seperti tidak proporsional tapi inilah keunikan yang dimilikinya. Coraknya pun begitu indah dengan warna menyerupai ikan komet. Pertama kali, ikan ini ditemukan sekitar tahun 800 sampai 1000 di daratan China. Sekarang, habitat ikan ini sudah menyebar hingga perairan Indonesia dan tak jarang orang yang menggunakannya sebagai ikan hiasan.

5. Ikan Koi

copyright by ikanhias-yuli.org

Sebenarnya, ikan koi merupakan ikan mas hasil dari persilangan antara berbagai wana ikan mas. Awalnya, ikan ini hanya digunakan sebagai makanan, khususnya bagi masyarakat Jepang. Namun, karena corak tubuhnya yang semakin indah membuatnya dapat digunakan sebagai ikan hias. (Baca juga: 10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium)

6. Ikan Koki 


copyright by binatangpeliharaan.org

Ikan hias air tawar tercantik ini masuk satu famili dengan jenis ikan mas. Bentuk ikan ini memiliki keunikan tersendiri sehingga harganya pun juga berbeda-beda. Salah satu jenis ikan Koki yang mungkin jarang Anda lihat adalah Buble Eye. Ikan ini memiliki posisi mata yang ditutupi oleh gelembung.

7. Ikan Discus 

copyright by bebeja.com

Ikan ini memiliki bentuk yang unik menyerupai piringan DVD dengan warna yang cerah dan menarik pula. Sayangnya, ikan ini rentan dengan keadaan stres sehingga Anda harus benar-benar menjaga ikan Discus agar tidak stres hingga akhirnya mudah mati.

8. Ikan Oskar

Copyright by akuariumhiasku.blogspot.co.id

Sekilas, ikan ini hamir mirip dengan ikan nila. Warna dasar ikan ini ialah cokelat dengan kombinasi berbagai warna lainnya yang membuat ikan ini semakin cantik.

9. Ikan Guppy
 

copyright by pinterest.com

Ikan hias air tawar terindah Guppy berasal dari Amerika Tengah hingga akhirnya sudah menyebar ke perairan Indonesia. Sirip dan warna yang bervariasi membuat keunikan tersendiri pada tubuh mungilnya. Wajar saja jika banyak orang yang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias favoritnya.

10. Ikan Neon Tetra
 

copyright by bettatrading.com.au

Ikan yang khas dengan warna biru terang pada punggung dan putih perak pada abdomennya ini menarik banyak orang untuk dijadikan ikan hias. Ikan hias ini memilki ukuran yang cukup kecil, karena hanya sekitar 3 sampai 4 cm saja. Jika Anda ingin memelihara ikan ini, maka sebaiknya membeli dengan koloninya juga agar ikan tidak merasa stres dan lebih nyaman.

Itulah tadi beberapa macam ikan hias air tawar dengan warna-warna menarik serta bentuk badan yang unik bisa dipelihara dalam aquarium Anda.


0 Response to "10 Ikan Hias Air Tawar Dengan Bentuk Unik "

Post a Comment