10 Ikan Terbesar di Dunia yang Luar Biasa Ukurannya

Ratmaja.com – Ikan terbesar di dunia ini memberikan kita pengetahuan mengenai dunia air dan keberadaan makhluk air berukuran besar. Ikan memiliki banyak jenis, bahkan lebih dari 27.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Angka itu hanyalah spesies ikan yang sudah ditemukan atau diketahui. Padahal, masih banyak wilayah laut yang belum di telisik dengan makhluk-makhluk di dalamnya.

Inilah daftar ikan terbesar di dunia


1. Ikan lele terbesar

copyright by youtube.com

Ikan lele berukuran super besar ini berhasil ditemukan pada tanggal 1 Mei 2006 di perairan Thailand Utara. Ikan ini tidak sengaja tertangkap oleh nelayan di Sungai Mekong. Ukurannya hampir 3 meter dan beratnya mencapai 293 kg. Selain itu, ikan lele raksasa juga pernah ditemukan di China.

2. Ikan Koi terbesar

copyright by qualitynishikigoi.com

Melalui perlombaan Tinyukai Indonesia Super Koi di tahun 2012, ditemukanlah ikan Koi dengan ukuran yang begitu besar. Panjangnya mencapai 115 cm dan beratnya 20 kg. Pemiliknya, Didi Wikara mengatakan jika Ikan itu didapatkan dari Jepang secara langsung. (Baca juga: 10 Makhluk Mitologi Dengan Kisah yang Melegenda)

3. Ikan gabus terbesar

copyright by 99gambar.blogspot.co.id

Ikan predator ini lebih sering ditemukan di daerah tropis. Habitat aslinya ada di sungai-sungai dan rawa-rawa yang tenang. Tidak hanya itu, setiap negara memiliki sebutan masing-masing untuk jenis ikan ini seperti ikan toman, snakehead merah, pla Chado, dan redline snakehead.

4. Ikan cupang laga terbesar

copyright by budidayanews.blogspot.co.id

Ikan yang terkenal dengan warnanya yang menarik ini ternyata juga memiliki spesies dengan ukuran besar. Ikan ini diperlihatkan saat kontes keindahan dan keanggunan ikan cupang. Meskipun demikian, ukurannya yang besar yakni 6,2 cm memberikan nilai tambahan.

5. Ikan aligator terbesar

copyright by koleksikartunmania.blogspot.co.id

Kenny Williams telah menemukan ikan terganas terbesar di danau Chotard pada tahun 2011. Ikan ini mempunyai ukuran 137 cm dan panjang mencapai 8 kaki atau 4 meter.

6. Ikan mas terbesar

copyright by octavinsu.blogspot.co.id

Ikan yang sering dikonsumsi di tanah Air ini memiliki rasa yang gurih. Lantas, bagaimana jika ikan yang dimakan memiliki ukuran yang amat besar. Mungkin, Anda akan kaget saat mengetahui adanya ikan mas yang memiliki ukuran besar mencapai 9 kg dan panjang 110 cm. Ikan ini ditemukan di sungai Mekong, Thailand.

7. Ikan Sidat terbesar

copyright by home-107so8.blogspot.co.id

Ikan sidat ini lebih dikenal dengan istilah belut. Kita bisa menemukan belut ini di berbagai tempat yang jualan ikan. Ikan terbesar untuk spesies belut ini dipegang oleh belut Moray. Ikan terbesar di dunia yang juga pernah ditemukan adalah Strophindon sathete dengan berat mencapai 40 kg dan panjang 4 meter.

8. Ikan nila terbesar

copyright by budidaya-ikan.com

Begitu juga dengan ikan nila yang memiliki penggemar tersendiri karena rasa dari ikan ini yang begitu mantap. Ikan terbesar di Indonesia dengan spesies nila ini pernah ditemukan di perairan Indonesia dimana beratnya mencapai 5 kg dan panjang mencapai 60 cm.

9. Ikan gurame terbesar

copyright by esnaikhsandra.blogspot.co.id

Ikan gurame atau ikan Osphronemus Goramy yang merupakan ikan dari perairan tawar Asia Tenggara karena iklimnya yang tropis. Rekor ikan gurame paling besar ada di Indonesia dengan berat hingga 7 kg dan panjang 70 cm.

10. Ikan Tuna terbesar

copyright by dailytorn.blogspot.co.id

Ken Fraser yang merupakan seorang pemancing berhasil mengangkat ikan Tuna Sirip Biru dengan popernya di Aulds Cove pada tanggal 26 Oktober 1979. Dia sungguh-sungguh menikmati sensasi tarikan dari ikan tuna yang begitu besar. Bahkan, ia membutuhkan waktu 45 menit untuk bisa menariknya keluar dari perairan. Mereka pun sangat puas dengan penemuannya itu.

Demikian ikan terbesar di dunia yang selama ini mungkin belum Anda ketahui ada di dunia perairan.

Related Posts:

0 Response to "10 Ikan Terbesar di Dunia yang Luar Biasa Ukurannya"

Posting Komentar