10 Makhluk Mitologi Dengan Kisah yang Melegenda

Ratmaja.com - Makhluk mitologi yang terkenal dengan kecantikan wajahnya, hanya saja kesadisan dan mematikan juga sifat dari makhluk yang cantik ini. Di dalam dunia mitos, terdapat berbagai makhluk mitologi yang menjadi kepercayaan atau keyakinan beberapa masyarakat. Keyakinan ini merupakan cerita turun termurun dari para leluhur mereka.

Makhluk Mitologi Terkenal yang Diturunkan Oleh Leluhur


1.    Alkonost
copyright by slavicsouvenirs.com

Makhluk dari mitologi Slavia ini digambarkan sebagai burung yang mempunyai kepala manusia. Awalnya, Alkonost adalah seorang Dewi Alcyone yang berubah menjadi burung. Telur Alkanost hanyut dan menetas saat badai datang. Konon, makhluk ini memiliki paras yang cantik dan bersuara merdu sehingga dapat memikat banyak orang, namun orang itu akan mati mengenaskan.
2.    Siren
copyright by powerlisting.wikia.com

Menurut legenda Yunani, makhluk ini sangatlah cantik. Dulunya, Siren adalah seorang pelayan Persphone. Tapi ia diculik Hades dan diberi sayap hingga berubah menjadi manusia setengah burung. Namun, perkembangan metologi Yunani justru menunjukkan jika Siren berubah menjadi wanita cantik dengan setengan tubuhnya berupa ikan.
3.    Medusa
copyright by whendell.deviantart.com

Sebelumnya, Medusa adalah pendeta yang memiliki paras cantik. Ia selalu menjaga kesuciannya yang membuat Medusa menjomblo. Tapi, Poseidon tidak mampu menahan nafsunya terhadap kecantikan Medusa dan akhirnya ia memperkosa Medusa di kuil Athena. Lalu, Dewi Athena marah dan mengutuk pendeta itu menjadi wanita berambut ular.
4.    Veela
copyright by martinlisec.com

Mitologi Slavia menggambarkan makhluk cantik berwujud peri. Kecantikannya dapat membuat para pria menggoda. Asal usul dari makhluk ini adalah berupa arwah wanita dimana selama hidupnya ia bertindak sembrono dan membuatnya terjebak di antara kehidupan dan kematian. Arwah ini bisa berubah menjadi angsa, kuda, serigala dan lain sebagainya.
5.    Ekhidna
copyright by FlamingSwords.photobucket.com

Makhluk mitologi Yunani terkuat ini memiliki bentuk tubuh menyerupai ular yang gendut. Ia merupakan istri dari Tiphoeus dan sudah melahirkan banyak monster menakutkan, seperti Hydra, Spinx, Scilla, Cerberus dan lain-lain. Hal inilah yang menjadikannya dijuluki sebagai ibu dari Monster. (Baca juga: 10 Pertarungan Hewan Buas yang Menegangkan untuk Disaksikan)
6.    Succubus
copyright by genzoman.deviantart.com

Makhluk mitos ini terkenal pada abad pertengahan dari barat. Makhluk ini digambarkan sebagai setan yang berwujud wanita cantik. Kekuatannya didapatkan dari energi manusia yang terlena dengan kecantikannya. Sebagian besar korbannya adalah pria hidung belang.
7.    Dziwozona
copyright by demonyslowianskie.pl

Makhluk mitologi tercantik ini dijuluki sebagai makhluk mitologi yang paling kejam dan sadis, meskipun tidak dipungkiri lagi kecantikan parasnya. Kecantikannya ini bahkan bisa membuat para pria bertekuk lutut di hadapannya dengan mudah. Ia juga sering menukar anaknya sendiri dengan bayi manusia yang baru lahir.
8.    Lamia
copyright by knowyourmeme.com

Awalnya, Lamia adalah anak dari Raja Belos Mesir. Kemudian, ia menjadi Ratu Libya setelah ayahnya meninggal. Diceritakan bahwa Lamia dapat membuat Dewa Zeus terpesona hingga akhirnya mereka menjalin hubungan. Hubungan terlarang ini lalu diketahui oleh istri Zeus. Ia pun membunuh semua anak dari hubungan Lamia dan Zeus. Hal ini membuatnya frustasi dan berubah menjadi ular.
9.    Sphinx
copyright by genzoman.deviantart.com

Terdapat dua versi yang menceritakan mengenai makhluk mitologi ini, yakni versi Yunani dan versi Mesir. Sphink memiliki bentuk tubuh seperti singa dengan kedua sayapnya. Meskipun parasnya begitu cantik, tapi ia dikenal sebagai wanita yang begitu kejam.
10.    Hamadryad
copyright by dewmanna.deviantart.com

Makhluk mitologi Yunani kuno yang terkenal dalam legenda Yunani ini termasuk dalam golongan nimfa. Dikatakan jika makhluk ini akan hidup abadi karena tidak akan pernah mengalami penuaan ataupun terkena penyakit sekalipun. Konon, Hamadryad hidup di pohon jadi ia bisa mati jika pohon yang menjadi tempat tinggalnya juga mati.

Itulah beberapa makhluk mitologi dengan kisah legendanya yang menajubkan dan telah diturunkan dari para leluhur.

0 Response to "10 Makhluk Mitologi Dengan Kisah yang Melegenda "

Post a Comment