10 Tanaman Hias Beracun Namun Berbentuk Cantik

Ratmaja.com – Tanaman hias beracun ini harus diwaspadai karena masih banyak orang yang belum tahu akan bahaya dari tanaman ini. Banyak tanaman yang memiliki tampilan indah dan cantik, tapi siapa sangka jika 10 tanaman hias ini justru memiliki racun yang berbahaya. Untuk itu, berhati-hatilah dengan racun dari tanaman ini.

Kelihatan indah tapi ternyata tanaman hias beracun

Berikut ini adalah tanaman hias yang memiliki racun berbahaya:

1. Oleander

copyright by keepmywords.com

Mungkin Anda lebih mengenal tanaman hias ini dengan nama Bunga Jepun. Tanaman cantik ini memiliki warna yang cerah berwarna merah muda untuk itu sering digunakan dalam desain lansekap. Namun, dibalik keindahan itu, terdapat bagian dari bunga ini yang menyimpan racun yang dapat membuat diare, muntah, serangan jantung dan lain sebagainya.

2. Gympie Gympie
 
copyright by snaplant.com

Tanaman hias yang sangat beracun ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan buah berwarna ungu. Sayangnya, tanaman yang cantik ini justru memiliki racun yang begitu mematikan. Bahkan, hanya dengan berdiri di dekat tanaman ini saja kita dapat merasa gatal-gatal dan bisa menyebabkan mimisan.

3. Dieffenbachia
 
copyright by ourhouseplants.com

Daun ini sering disebut sebagai daun bahagia karena tampilannya yang cantik. Tapi, siapa sangka jika getah dari tanaman Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang bisa menimbulkan gatal-gatal ataupun kejang pada lidah dan bibir. Bahkan, akibat terburuknya bisa sampai menyebabkan kematian.

4. Tanaman Kecubung

copyright by semangat55.com

Daftar tanaman hias beracun di dunia ini memiliki bentuk yang sangat khas pada bunganya. Banyak orang yang lebih mengenal bunga ini sebagai terompet karena memang bentuknya yang menyerupai terompet berwarna putih. Hanya saja, racun yang terkandung di dalamnya harus kita waspadai. Bahkan, tanaman ini termasuk dalam salah satu Narkotika.

5. Acokanthera

copyright by plantinfo.co.za

Sekarang ini, Acokanthera digunakan dalam bidang kedokteran. Namun, sebelumnya, tanaman ini cukup berbahaya karena getahnya sangat beracun. Apabila tertelan, racun ini dapat membunuh orang dewasa kurang dari satu menit saja. (Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Unik)

6. Daffodils

copyright by flowermeaning.com

Saat Anda melihat tanaman ini pasti akan tertarik dengan tampilannya yang berwarna kuning cerah. Bunga ini sering disebut sebagai tanaman narsis. Namun, ternyata, tanaman Daffodils cukup berbahaya dengan racun yang terkandungnya. Bahkan, seorang filsuf, Socrates mengatakan “Chaplet of the Internal Gods”.

7. Monkshood

copyright by indianapublicmedia.org

Nama latin tanaman ini adalah Aconitum atau wolfsbane flower. Sudah sejak dulu, tanaman ini dikenal karena memiliki bahaya tanaman hias beracun oleh para prajurit kuno. Mereka sering mencampurkan bunga ini ke dalam air untuk diberikan kepada musuh.

8. Doll’s Eye

copyright by gobotany.newenglandwild.org

Mungkin Anda cukup terkejut saat melihat tanaman yang satu ini karena bentuknya menyerupai mata boneka. Di dalam mata itulah, terdapat zat beracun cardiogenic yang bisa menghentikan kinerja jantung sehingga menyebabkan kematian.

9. Hemlock

copyright by telegraph.co.uk

Tanaman ini sudah dikenal dalam sejarah dan disebut-sebut sebagai penyebab kematian Socrates. Tampilan bunga tanaman Hemlock memanglah begitu indah dengan warna putih bersihnya. Namun, siapa yang mengira dibalik tampilan cantiknya ini justru menyimpan racun. Racun ini terdapat pada daunnya yang bisa menyebabkan muntah, sakit perut, bahkan sampai melumpuhkan syaraf pusat.

10. White snakeroot

copyright by wildflowersofthewestvillage.com

Jika Anda melihat tampilannya, pasti Anda langsung jatuh hati pada tanaman yang cantik ini. Tapi, Anda perlu waspada dengan tanaman snakeroot karena racun yang terkandung di dalamnya. Kandungan toksin tremetol dapat menyebabkan dampak terparahnya, yakni kematian. Bahkan, meskipun kita memakannya tidak secara langsung tapi efek dari racun ini tetap akan sampai pada kita.

Demikian tanaman hias beracun yang kelihatannya memang cantik, namun rupanya mengandung bahaya mematikan.

0 Response to "10 Tanaman Hias Beracun Namun Berbentuk Cantik"

Posting Komentar