7 Fakta Susunan Planet Terbaru yang Jarang Diketahui


Ratmaja.com - Susunan planet yang sering diajarkan dibangku sekolah adalah tata surya dimana ada planet, satelit, pusat rotasi dan segala sesuatunya. Mempelajari susunan dari planet-planet ini berarti kita harus tahu apa saja karakteristik setiap planet. Para ilmuwan pun terus melakukan penelitian dan pengkajian mengenai segalanya yang berbau luar angkasa.

Fakta susunan planet yang wajib Anda tahu


Tata surya adalah segelintir kecil fakta yang diketahui oleh manusia. Masih banyak hal-hal tersembunyi dalam tata surya kita. Seiring berjalannya waktu, fakta-fakta baru mengenai tata surya terus ditemukan dan ada yang berubah. Meskipun masih banyak hal-hal yang belum kita ketahui mengenai tata surya ini, tapi untuk susunan planet pun masih banyak orang yang belum memahaminya. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai planet terbesar sampai terkecil:

1. Planet terpanas

copyright by universetoday.com
Sebagian besar orang mengira bahwa planet dengan suhu yang paling panas adalah Merkurius. Namun, jawaban ini salah. Merkurius memang planet paling dekat dengan matahari namun hal ini bukan berarti menjadi planet terpanas. Ternyata, planet terpanas adalah Venus dimana jaraknya 30 juta mil lebih jauh dibanding jarak Merkurius dengan matahari. Hal ini berkaitan dengan atmosfir dimana Venus memiliki atmosfir begitu tebal yang membuat suhunya mencapai 468o C.

2. Pluto

copyright by wikimedia.org
Sejak pertama kali pengenalan tata surya pasti Anda setuju jika Pluto adalah salah satu planet yang ada di tata surya kita. Namun, karena ukurannya yang begitu kecil membuat Pluto tidak lagi disebut planet. Luas Pluto sendiri hanya 2253 km2.

3. Jupiter adalah Pelindung

copyright by wikimedia.org
Menurut planet tata surya dan keterangannya Jupiter dikatakan sebagai planet pelindung karena grativitas yang begitu kuat di planet ini. Suatu ketika, Pierre-Simon Laplace menemukan komet yang sedang mengarah ke bumi. Tapi, saat melewati nama planet terbesar Jupiter ini, komet tersebut berubah arah karena gravitas Jupiter yang sangat kuat. (Baca juga: 10 Makhluk Aneh yang Tidak Masuk Akal untuk Ada).

4. Massa tata surya

copyright by dnatecservices.com
Seperti yang kita tahu bahwa pusat paling penting dalam tata surya adalah matahari. Tapi, Anda pasti terkejut saat mengetahui massa matahari sendiri ialah 99,89% massa semua tata surya. Hampir 100% dari keseluruhan yang ada di tata surya, bagaimana tidak menjadi begitu penting fungsi matahari bagi kehidupan makhluk hidup.

5. Gunung tertinggi di tata surya

copyright by businessinsider.com
Jika Anda senang dengan olahraga mendaki gunung, maka Anda wajib tahu salah satu gunung tertinggi yang ada di Mars. Gunung yang bernama Olympus Mons ini memiliki jarak lintas dari satu sisi menuju sisi lainnya sepanjang 600 km. Sedangkan, tingginya mencapai 25 km. Gunung Everest yang sering dikatakan sebagai gunung tertinggi ini belum ada apa-apanya dengan gunung tertinggi di Mars.

6. Adanya batuan dari Mars di Bumi

copyright by nasa.gov
Tidak banyak orang yang tahu jika di Bumi kita terdapat bebatuan dari planet Mars dan tidak ada tanda-tanda jika manusialah yang membawa batu tersebut. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap meteorit di Antartika, didapatkan jika di Gunung Sahara dan tempat lainnya di bumi memberikan fakta yang mencengangkan.

7. Bumi ada di dalam matahari

copyright by wikimedia.org
Beberapa di antara Anda, pasti menduga jika atmosfir matahari yang disebut heliosfer sama seperti bumi dalam hal jangkauannya. Sayangnya, hal itu salah. Heliosfer terbentang jauh dengan jarak 10 miliar mil. Jadi, sebenarnya kita hidup di dalam matahari. Fakta ini begitu mencengangkan, bagaimana bisa kita hidup di matahari yang memiliki suhu begitu panas.

Sebenarnya masih banyak fakta-fakta tentang tata surya kita yang belum diketahui. Oleh karena itu, para ilmuwan tidak pernah berhenti untuk melakukan penelitian dalam hal susunan planet ini

0 Response to "7 Fakta Susunan Planet Terbaru yang Jarang Diketahui"

Post a Comment