7 Planet yang Mirip dengan Bumi Telah Ditemukan Peneliti

Ratmaja.com – Planet yang mirip dengan bumi ini mendapatkan perhatian khusus bagi para ilmuwan dalam penelitiannya mengenai kehidupan di luar angkasa. Mungkin, kita hanya mengenal beberapa planet yang masuk tata surya saja. Tapi, sebenarnya, luar angkasa memiliki banyak planet yang belum ditemukan para ilmuwan karena luasnya jagad raya ini.

Ini dia tujuh macam planet yang mirip dengan bumi


Lebih dari 1.284 planet baru telah ditemukan oleh para ilmuwan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) di luar tata surya kita. Dari semua planet yang ditemukan itu, hampir 550 planet dimungkinkan merupakan planet berbatu seperti bumi, sesuai ukuran mereka. (Baca juga: 10 Ikan Terbesar di Dunia)

Terdapat tujuh planet yang mempunyai kondisi mirip dengan bumi, bahkan dikatakan jika mereka juga bisa menopang kehidupan makhluk hidup. Berikut ini adalah 7 nama planet mirip dengan bumi:

1. Kepler 69C

copyright by youtube.com

Planet ini memiliki ukuran 70% lebih besar daripada bumi. Exoplanet ini terletak di rasi bintang Cygnus, kurang lebih 27.000 tahun cahaya matahari. Ukurannya yang begitu besar membuat planet ini disebut sebagai bumi super. Sebelumnya, para ilmuwan menyebutkan bahwa planet ini mengelilingi bintang induknya dari jarak yang aman. Tapi, setelah diteliti lebih dalam, planet ini mengorbit bintangnya di batas paling dalam zona layak huni, seperti Venus.

2. Kepler 62E

copyright by youtube.com

Sebelum ditemukannya Kepler 186f, planet ini dikatakan sebagai planet yang paling mirip bumi. Kecepatan orbitnya menjadikan kepler 62E berada di zona layak huni, ukurannya pun sangat mirip dengan bumi. Para ilmuwan sering menyebut planet ini dengan sebutan planet samudera.

3. Kepler 186F

copyright by alexrhowe.com

Planet Kepler 186f inilah yang dikatakan paling mirip dengan bumi. Selain ukurannya yang begitu mirip dengan bumi, planet ini juga mempunyai jarak orbit yang aman dan merupakan planet batuan. Bedanya, bintang induk dari planet ini lebih redup.

4. Kepler 452B  
 
copyright by wn.com
 
Planet mirip bumi layak huni yang mengorbit bintang induknya pada zona hijau ini diperkirakan dapat menunjang kehidupan, sama seperti bumi. Masa dari planet ini adalah 60% lebih besar ketimbang bumi. Kepler ini berada di rasi Cygnus yang berjarak 1400 tahun cahaya dari tata surya. Usianya kurang lebih 6 milyar tahun dan dipercaya memiliki suhu permukaan yang dimungkinkan terdapat air.

5. Kepler 22B 
 
copyright by mysteryofkepler22b.weebly.com
 
Planet ini memiliki jarak 600 tahun cahaya dari bumi sehingga berada di zona layak huni. Para ilmuwan menduga jika permukaan dari planet ini ditutupi sepenuhnya dengan air sehingga juga disebut sebagai planet samudera. Kepler 22B ini berukuran 2,4 kali lipat lebih besar dibanding bumi.

6. Gliese 581G

copyright by youtube.com

Planet mirip bumi terdekat ini merupakan planet di luar tata surya yang mengelilingi bintang katai merah Gliese 581G. Jarak planet ini dari bumi adalah 20,5 tahun cahaya. Penemuan planet ini melalui penelitian exoplanet Lick-Carnegie selama satu dekade. Penemuan tersebut terjadi pada akhir bulan September pada tahun 2010. Para ilmuwan memperkirakan bahwa planet ini memiliki potensi yang cukup besar sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

7. Kepler 62F  
 
copyright by youtube.com
 
Sama dengan Kepler 22B, planet ini pun diperkirakan memiliki kandungan air yang cukup banyak dan mengelilingi bintang induknya pada zona layak huni. Keadaannya yang hampir sama dengan bumi membuat planet ini menjadi salah satu planet yang dimungkinkan adanya kehidupan. Kepler 62f terletak di ras bintang Lyra dan berada 1200 tahun cahaya dari bumi. Jika dibandingkan dengan bumi, maka planet ini memiliki ukuran 1,4 kali lipat lebih besar.

Demikian planet yang mirip dengan bumi dan mungkin jika bumi kita sudah tidak bisa dihuni oleh manusia lagi, akankah planet tersebut bisa dijadikan tempat tinggal sebagai gantinya?

0 Response to "7 Planet yang Mirip dengan Bumi Telah Ditemukan Peneliti"

Posting Komentar