Karakteristik Planet Merkurius yang Misterius


Ratmaja.com - Planet Merkurius ini sudah dikenal oleh banyak orang karena keberadaannya yang masuk ke dalam tata surya dan ciri khas yang dimilikinya. Banyak ilmu atau pengetahuan tentang luar angkasa yang wajib untuk kita ketahui. Setiap planet yang ada di tata surya memiliki karakteristik masng-masing, termasuk planet ini.

Fakta Planet Merkurius yang penting untuk diketahui


1. Planet terdekat dengan matahari

copyright by emaze.com
 
Planet ini memiliki orbit yang berbentuk oval dengan jarak terjauhnya sekitar 70 juta km dan jarak terdekatnya 47 juta km. Planet ini selesai mengorbit matahari dalam kurun waktu 88 hari dan mengelilingi dengan kecepatan hampir 50 km perdetik.

2. Keberadaan Merkurius telah dikenal sebelum abad ketiga SM
 
copyright by keywordhut.com
 
Planet ini ternyata sudah ditemukan sejak lama, yakni sebelum abad ketiga SM. Masyarakat Yunani Kuno telah memberkan dua nama untuk planet ini, yakni Hermes saat terlihat sebagai bintang pada malam hari dan Apollo saat muncul sebagai bintang pada pagi hari. Kedua nama ini sangat terkenal hingga sekarang dan menjadi sebutan lain dari Merkurius.

3. Permukaan Merkurius serupa dengan bulan

copyright by howitworksdaily.com
 
Ciri-ciri planet merkurius yaitu memiliki permukaan yang terdiri dari ribuan kawah karena tabrakan dengan meteor. Struktur Merkurius ini beragam, mulai dari dataran sampai pegunungan dengan ketinggian hampir 1 km.

4. Merkurius sebagai planet ekstrem
 
copyright by thetimenow.com
 
Suhu di planet ini cukup bervariasi, yakni mulai dari 90 K hingga 700 K. Suhu di Merkurius lebih rendah dibanding Venus, namun variasi suhu planet Venus lebih sempit. (Baca juga: Manusia Aneh dengan Bagian Tubuh Tambahan).

5. Merkurius mempunyai inti besi yang besar dengan sebagiannya berbentuk cair

copyright by dkfindout.com
 
Inti besi yang besar dari planet ini memiliki radius 1800 hingga 1900 km. Padahal, hampir seukuran dengan bulan dan 75% dari diameter planet Merkurius. Besarnya inti besi planet membuat kulit terluarnya hanya memiliki tebal 500 hingga 600 km.

6. Merkurius mempunyai atmosfir sangat tipis
 
copyright by parier-sports.info
 
Atmosfir dari planet ini terdiri dari atom dan berbagai macam unsur. Hal ini mengakibatkan permukaannya menjadi panas dan atom-atom yang terkandung ini mudah terlepas ke luar angkasa.

7. Planet dengan medan magnet lemah
 
copyright by uoregon.edu
 
Pada tahun 1974-1975, Mariner 10, pesawat ruang angkasa yang pernah mengunjungi planet ini. Dengan pesawat ini maka ditemukan bahwa Merkurius mempunyai medan magnet yang begitu lemah, hampir sama namun lebih lemah dibanding bumi.

8. Merkurius tidak mempunyai bulan atau satelit
 
copyright by nasa.gov
 
Seperti bumi yang memiliki satelit, yakni bulan. Namun, planet terdekat dengan matahari ini justru tidak memiliki satelit yang mengelilinginya. Hingga kini, belum ditemukan satu satelit merkurius pun yang teridentifikasi. Namun, para peneliti terus melakukan pengamatan akan adanya satelit di Merkurius.

9. Basin Kaloris

copyright by flickr.com
 
Merkurius memiliki berbagai fitur utama dan salah satunya adalah adanya banyak kawah karena tabrakan dengan asterois. Seperti Basin Kaloris yang mempunyai diameter sekitar 1300 km. Selama setengah triliun tahun, ukuran Merkurius mengecil antara 2 sampai 4 km seiring dengan mendinginnya planet. Kerak luar pada planet ini disebut litosfer yang mempunyai cukup kekuatan untuk mencegah magma keluar ke permukaan yang dapat mengakhiri periode aktivitas geologi di Merkurius.

10. Sehari terasa lama

copyright by space.com
 
Sampai tahun 1965, ilmuwan menduga bahwa sisi yang sama selalu menghadap matahari. Para astronom menemukan jika Merkurius dapat menyelesaikan tiga rotasi untuk setiap dua kali mengelilingi Matahari. Hal ini membuat satu hari di planet Merkurius terasa sangat lama seperti 176 hari di bumi.

0 Response to "Karakteristik Planet Merkurius yang Misterius "

Posting Komentar