3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector



Ratmaja.com - Cara memperbaiki hardisk bad sector berguna untuk memperbaiki harddisk yang sudah rusak dengan membuka berbagai komponen di dalam laptop atau komputer. Membuka komponen-komponen tersebut membutuhkan kemampuan khusus sebagai seorang teknisi. Jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut maka percayakan saja pada teknisi yang berpengalaman.

Beberapa Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Harddisk adalah salah satu bagian yang penting dalam teknologi modern seperti sekarang ini. Terdapat dua jenis hardisk, yakni hardisk internal dan hardisk eksternal. Hardisk internal adalah media penyimpanan yang sudah tertanam di dalam laptop atau PC Anda. Banyaknya file atau dokumen yang tersimpan dalam hardisk external ini terkadang membuat kapasitasnya semakin mengecil sehingga dibutuhkan penyimpanan lain sebagai cadangannya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan hardisk eksternal. 

copyright by smeaker.com

Kedua jenis hardisk ini sama-sama penting digunakan. Namun, perangkat ini juga rentan dengan berbagai macam kerusakan. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk atau sering kita sebut sebagai bad sector. Bad sector memiliki dua bagian yakni bad sector secara software dan bad sector secara fisik. Bad sector secara software terjadi karena adanya kesalahan dalam pengoperasian laptop, seperti mematikan paksa laptop, serangan virus dan lain sebagainya. Sedangkan, bad sector secara fisik terjadi karena kepanasan, terkena debu, terjatuh dan lain-lain. (Baca juga: Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca)

Kerusakan pada harddisk ini tentunya akan mengganggu kinerja laptop atau komputer. Untuk itu, kita harus segera menanganinya dengan cara yang benar. Salah satu cara memperbaiki harddisk tersebut adalah menggunakan software sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk masalah hardisk yang berkaitan dengan kerusakan software. Hal ini dikarenakan kerusakan secara fisik hanya bisa diperbaiki oleh mereka yang memiliki keahlian dalam bidangnya. Jika kerusakan hardisk masih dalam tahap software maka Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Menggunakan Bad Sector Repair
    copyright by softpedia.com
    Sebenarnya, terdapat beberapa aplikasi atau software yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah Bad Sector Repair. Anda dapat download bad sector repair ini pada link berikut ini. Aplikasi ini akan bekerja untuk hard disk dengan seri 541DX Maxtor. Mekanisme kerja dari aplikasi ini adalah mendeteksi kerusakan yang terjadi pada hard drive terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasi ini akan memperbaiki dengan sedemikian rupa hingga harddisk mampu bekerja seperti semula.
  2. Menggunakan Recuva Software recovery
    copyright by youtube.com
    Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah hardisk bad sector parah adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Recuva software recovery. Aplikasi ini berguna untuk mengembalikan semua data pada harddisk yang terhapus, hilang, terformat atau lain sebagainya.
  3. HardDisk Drive Low Level Format Tool
    copyright by hddguru.com
    Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus memastikan bahwa semua data yang ada di harddisk telah di backup terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semua file yang penting tidak ikut terhapus karena aplikasi ini berguna untuk menghapus semua file atau data dan mereset harddisk sehingga keadaan harddisk sama persis saat Anda pertama kali membelinya. Kerusakan ini pun akan hilang bersamaan dengan hilangnya semua data yang ada di dalam harddisk.

Sebelum mempeerbaiki hardisk, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebab kerusakannya dengan pasti sehingga cara untuk mengatasinya bisa lebih tepat. Jika memang Anda tidak mengetahui cara memperbaiki hardisk bad sectormaka serahkan saja pada mereka yang lebih ahli.

0 Response to "3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector"

Post a Comment