3 Cara Menambah RAM Laptop dengan Mudah

Ratmaja.com - Cara menambah RAM laptop ini dapat dilakukan dengan mudah sebagai solusi untuk menambah penyimpanan yang kurang. Sekarang ini, penyimpanan dalam laptop menjadi suatu hal yang begitu penting, mengingat banyaknya dokumen yang harus disimpan di dalam laptop, sedangkan laptop dengan RAM besar maka harganya juga lebih besar.

Tips dan cara menambah RAM laptop dengan mudah 

 

copyright by notebooks.com
 
Di perkembangan teknologi seperti sekarang ini, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM. RAM merupakan salah satu jenis penyimpanan yang ada di dalam komputer, smartphone, dan laptop yang mempunyai fungsi sebagai penyimpan data-data berupa cache. Pada umumnya, RAM mampunyai 4 struktur penyimpanan, yakni:
  1. Input storage
  2. Working storage
  3. Program storage
  4. Output
Semua struktur tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing. Apabila keempat struktur tersebut bekerja bersamaan dan kemudian penuh maka laptop dapat mengalami lemot. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu yang membuat laptop semakin lemot adalah penyimpanan RAM yang terlalu banyak menerima data-data untuk dibaca. Begitu juga sebaliknya, saat RAM masih memiliki sisa penyimpanan yang banyak maka kinerja laptop akan lebih cepat. (Baca juga: Hewan Mitologi Kuno yang Melegenda).

Lantas, bagaimana cara kita untuk bisa menambah RAM pada laptop? Terdapat tiga cara yang bisa Anda pilih, yaitu:

Cara menambah RAM dengan flashdisk


copyright by amazon.com
 
Mungkin Anda sudah mengenal dengan alat multiguna ini. Flashdisk dapat menyimpan berbagai data, seperti musik, foto, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Flashdisk sangat penting digunakan, terutama bagi mereka yang memiliki laptop dengan RAM kecil. Bahkan, flashdisk ini dapat digunakan untuk menambah RAM pada laptop.
  1. Pasangkan flashdisk ke laptop hingga iconnya muncul di My Computer
  2. Setelah flashdisk terbaca, maka klik kanan pada icon flashdisk dan pilih properties
  3. Bukalah menu Ready Boost kemudian centang Use this device dan aturlah space atau sizenya, makin besar kapasitas flashdisk maka RAM juga akan bertambah besar
Dengan cara menambah RAM laptop dengan hardisk ini, maka RAM Anda telah berhasil bertambah ukuran sesuai dengan kapasitas flashdisk.

Cara menambah RAM dengan software

 
copyright by eboostr.com
 
Terdapat satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah RAM, yakni Eboostr. Software ini dapat mengoptimalkan kinerja laptop Anda sehingga kinerja laptop tidak begitu berat, justru RAM terasa semakin longgar. Sebenarnya, software ini tidak menambah RAM melainkan mengoptimalkan kinerja software. Informasi lebih lanjut bisa Anda kunjungi situs resminya di link berikut. Harga menambah RAM laptop dengan membeli software fullnya tidak terlalu mahal.

Cara menambah RAM dengan beli baru

copyright by youtube.com

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli RAM baru dengan kapasitas yang lebih besar. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum membeli RAM baru, yaitu jenis RAM (apakah DDR5, DDR3, atau DDR2) dan juga perhatikan nilai PC (PC 12800 atau PC 10600).

Perhatikan benar kedua hal tersebut agar Anda tidak salah dalam membeli RAM yang baru. Hal ini dikarenakan RAM memiliki kaki-kaki yang tidak dapat dipasang atau tidak cocok dengan semua laptop. Namun, dengan cara ini mungkin Anda harus menyiapkan badget khusus untuk bisa menambah RAM pada laptop Anda.

Setelah mengetahui beberapa cara menambah RAM laptop, maka Anda sudah bisa menentukan cara mana yang ingin dipilih. Ketiga cara di atas, dirasa ampuh untuk bisa mengoptimalkan kinerja laptop.

0 Response to "3 Cara Menambah RAM Laptop dengan Mudah"

Post a Comment