4 Cara Menghapus Aplikasi di Android dengan Mudah



Ratmaja.com - Cara menghapus aplikasi di Android ini akan membantu kita untuk mendapatkan memori penyimpanan yang lebih longgar sehingga tidak akan mengganggu kinerja smartphone. Semakin lama, penyimpanan di Android akan semakin membesar dan hal ini dapat membuat smartphone menjadi lemot sehingga kita bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Cara Menghapus Aplikasi di Android
 
copyright by more-sky.com

Memiliki banyak aplikasi yang disukai memang begitu menyenangkan. Namun, bagaimana jika memori penyimpanan pada Android Anda sudah penuh? Kinerja smartphone pun akan menjadi semakin lemot. Untuk itu, kita harus mengapus beberapa aplikasi untuk meringankan kerja smartphone. Cara menghapus aplikasi itu pun bisa dilakukan, baik melalui playstore atau di luar playstore. Sebenarnya, cara untuk menghapus aplikasi ini sangatlah mudah dilakukan dibanding cara menghapus aplikasi bawaan di Android. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghapus aplikasi Android. (Baca juga: 5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android)

Menghapus Aplikasi melalui Setting pada Android

copyright by tecs.jp

Pada umumnya, penghapusan aplikasi dilakukan melalui setting ini agar lebih aman dan mudah. Berikut cara menghapus aplikasi melalui setting pada smartphone:

  1. Buka Setting lalu pilih Apps/Aplikasi
  2. Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang pada Android
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus
  4. Setelah itu, akan muncul beberapa tombol menu. Klik Clear Data terlebih dahulu agar tidak membebani storage android
  5. Lalu pilih Unistall/ Copot Pemasangan

Menghapus Aplikasi melalui Playstore

copyright by androidcentral.com

 Cara menghapus aplikasi di Android secara permanen ini dapat dilakukan melalui aplikasi playstore. Jadi, ketika Anda ingin menggunakan atau menginstal aplikasi tersebut maka Anda harus mendownloadnya lagi. Berikut adalah cara menghapus aplikasi melalui aplikasi playstore:

  1. Buka aplikasi playstore pada Android
  2. Masuk Aplikasi & Game Saya
  3. Pilih aplikasi yang akan dihapus
  4. Klik Uninstall

Menghapus Aplikasi melalui Menu di Launcher

copyright by bluestacks.com
Menggunakan launcher untuk menghapus aplikasi sebenarnya hampir sama caranya dengan melalui setting. Hanya saja Anda juga harus menyesuaikannya dengan launcher yang Anda gunakan pada smartphone Anda. Berbeda launcher maka berbeda setting atau aturannya sehingga Anda harus tahu terlebih dahulu pemakaian launcher tersebut. Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi melalui menu di Google Launcher:

  1. Bagi Anda yang menggunakan Google Launcher
  2. Klik tombol Drawer dan Anda akan masuk ke daftar menu aplikasi
  3. Sentuh dan tahan aplikasi yang ingin dihapus kemudian akan muncul dua pilihan, yaitu Info Aplikasi dan Uninstall/ Copot Penasangan
  4. Apabila Anda memilih Uninstall maka aplikasi akan langsung terhapus
  5. Namun, cara yang benar adalah dengan memilih info aplikasi terlebih dahulu agar Anda bisa masuk ke info secara mendetail sebagai langkah pertama
  6. Kemudian, pilih Clear Data dan klik Uninstall

Menghapus Aplikasi melalui Aplikasi Pihak Ketiga (Paling disarankan)

copyright by youtube.com
Sebenarnya, tedapat beberapa aplikasi yang dapat Anda pilih untuk menghapus aplikasi pada Android Anda. Namun, disini aplikasi yang digunakan adalah Titanium Backup Pro, dengan cara:

  1. Buka aplikasi Titanium dan masuk ke menu Backup/ Restore
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus, namun berhati-hatilah agar tidak menghapus aplikasi system karena aplikasi ini mampu menghapus aplikasi system yang begitu penting untuk kinerja Android
  3. Pilih Wipe Data untuk membersihkan penghapusan aplikasinya
  4. Setelah itu, pilih backup agar suatu ketika dapat restore aplikasi
  5. Baru klik Uninstalsebagai cara menghapus aplikasi di Android.

0 Response to "4 Cara Menghapus Aplikasi di Android dengan Mudah"

Post a Comment