5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android



Ratmaja.com - Cara menghapus aplikasi bawaan android ini akan membantu Anda untuk memiliki penyimpanan yang lebih besar. Setiap Anda membeli ponsel android pastinya Anda akan menemukan beberapa aplikasi bawaan di dalamnya. Terkadang, aplikasi bawaan tersebut tidak pernah kita gunakan sehingga lebih baik jika dihapus saja. 

 Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
 
copyright by simicart.com
Bagi Anda yang memiliki smartphone Android pastinya tahu jika dalam smartphone Anda terdapat beberapa aplikasi bawaan atau bisa disebut dengan bloatware yang memang sengaja diberikan oleh si pembuat smartphone. Banyaknya aplikasi bawaan ini tentunya akan mengurangi memori penyimpanan pada smartphone Anda. Jika penyimpanan terus membesar maka dapat menyebabkan kinerja smartphone semakin lemot. Bahkan, jika masalah ini terus dibiarkan dapat membuat smartphone rusak. (Baca juga: 3 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector)

Sebenarnya, Anda dapat mengapus beberapa aplikasi bawaan ini karena tidak semua aplikasi tersebut terpakai jadi lebih baik jika dihapus saja. Tidak semua aplikasi di smartphone terpakai sehingga percuma jika tidak segera dihapus. Justru jika dibiarkan dapat memakan penyimpanan yang membebani kinerja smartphone. Sebelum mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan maka Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah smartphone Anda sudah ter-root atau belum. Jika memang belum, maka Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Meskipun ada cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root tapi akan lebih baik dan aman jika Anda melakukan root terlebih dahulu.

Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan Android Sekaligus
 
copyright by novahax.com
Dalam smartphone Anda mungkin sudah tersemat beberapa aplikasi bawaan, tidak hanya satu bahkan banyak. Jika Anda harus menghapusnya satu per satu maka akan memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, akan lebih efektif jika kita dapat menghapus aplikasi tersebut dengan sekaligus sehingga daalam sekali jalan bisa langsung menghilangkan beberapa aplikasi yang tidak terbawa. Apabila Android Anda sudah dalam keadaan ter-root maka Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah ini, yakni:

  1. Unduh aplikasi System App Remover dan install pada Android Anda hingga muncul di menu.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya. Ketika SuperSU meminta akses root maka klik menu Grant.
  3. Checklist atau pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus atau yang tidak terpakai dari Android. Anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus. Jika sudah dipilih semua aplikasi yang ingin dihapus, kemudian klik tombol Uninstall.
  4. Ketika muncul pop-up baru, klik Yes. Kemudian Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai proses penghapusan aplikasi ini selesai.

Dengan cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus di atas, maka Anda tidak perlu menghapus aplikasi satu per satu yang akan membuang banyak waktu dan tenaga. Cukup dengan satu aplikasi maka Anda sudah bisa menghapus beberapa aplikasi sekaligus. Namun, pastikan bahwa aplikasi yang Anda hapus bukanlah aplikasi system. Setelah penghapusan selesai maka Anda bisa mengecek bagaimana kapasitas penyimpanan Anda, apakah sudah bertambah atau tidak. Jika penghapusan ini telah berhasil maka kapasitas penyimpanan akan bertambah sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan aplikasi atau file lain. 

Cara menghapus aplikasi bawaan androidini cukup mudah dilakukan sendiri, meskipun tanpa adanya keahlian khusus. Tapi, jika Anda merasa khawatir dengan aplikasi yang akan dihapus maka Anda bisa pergi pada orang yang lebih ahli dan tahu tentang masalah ini. Tentu saja dengan hal ini maka Anda harus menyiapkan badget khusus untuk membayarkan jasanya itu. Namun, tidak perlu khawatir karena biayanya tidaklah mahal.

0 Response to "5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android"

Posting Komentar