Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Ratmaja.com - Hardisk eksternal tidak terbaca merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada komputer atau laptop Anda. Masalah ini cukup mengganggu kinerja laptop karena Anda tidak dapat mengakses berbagai data atau dokumen yang tersimpan di dalam hardisk. Untuk itu, diperlukan beberapa cara atau solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

 
copyright by wheelsandchips.com

Teknologi yang semakin canggih memunculkan berbagai macam alat dengan banyak fungsi, seperti halnya hardisk eksternal. Hardisk eksternal merupakan media penyimpanan portable yang memiliki kapasitas besar sehingga dapat digunakan dengan mencolokkan kabel USB ke PC atau laptop kapan saja. Beberapa orang tidak cukup atau merasa kurang dengan penyimpanan internal yang sudah ada di laptop atau komputer sehingga mereka menambahkan penyimpanan eksternal atau hardisk ini. Namun, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada hardisk ini sangatlah mengganggu kinerja laptop. Bayangkan saja jika hardisk itu digunakan untuk menyimpan file-file penting, maka masalah hardisk ini sudah seharusnya di atasi. (Baca juga: 3 Cara Menambah RAM Laptop dengan Mudah).
Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dialami oleh hardisk eksternal:
  1. Driver Hard disk eksternal yang tidak dikenali. Biasanya, hal ini disebabkan karena kesalahan file system pada hardisk tersebut.
  2. Hardisk eksternal minta format terus
  3. Port USB rusak secara fisik. Meskipun hal ini jarang terjadi tapi bisa terjadi karena drivernya bermasalah.
  4. Hardisk eksternal tidak mendapatkan pasokan daya dengan cukup
  5. Driver windows bermasalah
  6. Hardisk eksternal terbaca tapi tidak bisa dibuka
copyright by imgur.com
 
Masalah hardisk yang bervariasi membuat cara penanganan atau solusi juga bervariasi sesuai dengan penyebab yang ada. Beberapa masalah hardisk mungkin tidak diatasi dengan kemampuan sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan orang yang lebih ahli dalam memperbaiki hardisk ini, terlebih jika isinya merupakan file penting. Dari berbagai masalah hardisk yang ada, masalah yang sering dialami oleh hardisk adalah tidak terbacanya hardisk pada laptop atau PC Anda. Hal ini sama saja dengan Anda tidak dapat mengakses file-file yang tersimpan pada hardisk. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengembalikan fungsi hardisk ini.
Berikut ini adalah cara mengatasi hardisk yang tidak terbaca pada laptop atau PC:
  1. Tekan Windows + R lalu ketik “diskmgmt.msc” pada kotak Query “RUN” kemudian tekan enter. Apabila Anda melihat daftar drive management maka Anda dapat mem-format, partisi, atau rename drive yang sebelumnya tidak dapat muncul atau terbaca pada laptop Anda.
  2. Setelah itu, colokkan hardisk eksternal Anda ada USB yang berbeda, kemudian terbaca maka kemungkinan penyebab masalah ini adalah post USB yang rusak.
  3. Anda juga bisa mengecek device manager, tekan tombol “WINDOWS” pada keyboard kemudian ketik device manager pada pencarian windows lalu tekan enter.
  4. Kemudian search disk drive, lalu lihat apakah terdapat tanda penting pada sebelahnya, jika drivernya yang rusak. Cara mengatasinya adalah dengan meng-install driver USB. Pada umumnya, untuk tipe hardisk eksternal membutuhkan tipe USB 3.0.

copyright by techrepublic.com

Ketika hardisk eksternal Anda mengalami masalah, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa masalah yang terjadi. Jika Anda sudah tahu apa permasalahannya, maka untuk mendapatkan solusi yang tepat akan terasa lebih mudah. Apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam memperbaikinya, mudah bagi Anda untuk menemukan teknik komputer yang akan membantu Anda dalam memperbaiki hardisk eksternal tidak terbaca hingga bisa berfungsi sama seperti semula.

0 Response to "Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca "

Posting Komentar