Hewan Mitologi Kuno yang Melegenda

Ratmaja.com - Hewan mitologi ini memiliki bentuk yang aneh-aneh karena memang makhluk ini hanyalah makhluk mitos dalam berbagai legenda kuno. Makhluk mitologi ini biasa diiringi dengan berbagai cerita masyarakat yang masih bertahan dengan turun temurun. Pastinya Anda akan senang mengikuti kisah dari hewan yang ada di mitos ini.

Daftar hewan mitologi yang sering ditemui di cerita masyarakat


1. Centaurus

copyright bymythortruth.com
 
Makhluk mitos ini digambarkan dengan tubuh dan kaki seekor kuda, sedangkan lengan dan kepalanya adalah manusia. Dalam mitos Yunani, Centaurus yang terkenal adalah Chiron dimana ia suka menghasut dalam pertarungan dengan bangsa Lapith. Ia terkenal dengan kemampuan medis dan kecerdasannya. Sebagian besar dari mereka suka minum-minuman keras dan suka akan kekerasan.

2. Cerberus

copyright by genzoman.deviantart.com
 
Iblis anjing ini memiliki tiga kepala besar yang selalu menjaga pintu masuk dunia bawah. Siapa pun yang akan melewat sungai Styx tidak dapat kabur. Ia adalah anjing yang setia dengan pemiliknya, yakni Hades sang Dewa Dunia Bawah. Ia suka memakan daging orang yang masih hidup.

3. Pegasus
copyright by pinterest.com
 
Kuda putih yang bersayap ini terkenal dalam mitologi Yunani. Pegasus merupakan keturunan dari Poseidon dan Medusa. Pegasus ini menjadi makhluk mitos yang terkenal sehingga banyak ditemui di patung Yunani, gerabah dan lukisan. Ia dijadikan sebagai simbol inspirasi dan puisi.

4. Chimera
copyright by mythologian.net
 
Makhluk mitologi Yunani terkuat dengan api sebagai nafasnya mempunyai kepala dan tubuh singa, namun ekornya adalah ekor ular. Ia juga mempunyai kepala kambing yang ada di bagian belakang badannya. Kata Chimera ini berasal dari bagian-bagian tubuh yang berupa berbagai macam hewan. (Baca juga: Karakteristik Planet Merkurius yang Misterius).

5. Empusa

 
copyright by morphicelus.deviantart.com
 
Empusa digambarkan sebagai seorang wanita yang cantik dengan paras menarik. Ia bisa berubah wujud menjadi wanita dengan gigi tajam, sayap kelelawar dan rambut api. Konon katanya, ia merupakan makhluk setengah dewa yang berada di bawah dewa Hecate. Ia sering menggoda para pria yang melakukan perjalanan sendiri. Makhluk yang menakutkan ini terkenal dalam cerita The Progs oleh Aristophane.

6. Siren

 
copyright by immarart.deviantart.com
 
Wanita yang cantik ini memiliki suara yang juga bagus. Biasanya, Siren digambarkan sebagai burung dengan kepala wanita. Siren mempunyai arti godaan yang susah ditolak. Beberapa penulis menggambarkan Siren sebaga kanibal yang mempesona.

7. Sphinx

 
copyright by pinterest.com (2)
 
Monster bertubuh singa, berwajah cantik dan dengan sayap elang ini terkenal dengan wanita yang licik. Makhluk mitologi tercantik ini juga tidak segan-segan memakan mereka yang tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Konon, Oedipus dapat menjawab teka-teki dari Sphinx yang membuatnya kalah dengan permainan sendiri. Ia pun frustrasi dan marah hingga ia memakan dirinya sendiri.

8. Harpies

 
copyright by sopic84.deviantart.com

Monster wanita ini serupa dengan burung tapi berkepala manusia. Dulunya, ia adalah roh angin yang membawa orang-orang jahat ke Erinyes. Arti nama makhluk ini adalah ia yang merebut, yang diambil dari kecenderungannya mencuri dan merebut makanan.

9. Griffins

copyright by hiduth.com

Makhluk ini terkenal dengan ekor, tubuh, dan kaki bagian belakang dari singa serta sayap, kepala, dan kaki bagian depan adalah elang. Karena berwujud dua binatang buas ini membuat Griffins dikenal sebagai makhluk yang begitu agung dan cerdas. Pada zaman dulu, hewan mitologi dunia kuno ini sering digunakan sebagai tunggangan bagi para ksatria.

10. Hydra

copyright by wikia.com
 
Hewan mitologi air ini serupa dengan ular besar yang memiliki banyak kepala dan racun yang begitu berbahaya, bahkan nafasnya saja dapat mematikan manusia. Darahnya pun juga sangat beracun sehingga bekasnya saja mampu membunuh orang.

0 Response to "Hewan Mitologi Kuno yang Melegenda"

Posting Komentar