Pertarungan Harimau vs Singa, Siapakah yang Akan Menang?

Pertarungan Harimau vs Singa sebetulnya sudah lama terjadi sejak dahulu kala, bahkan sengaja dilakukan oleh bangsa Romawi yang kala itu pernah mengadu singa Afrika dengan harimau dari Asia di Colosseum. Tidak hanya itu, pada awal-awal dekade abad ke-20, pertarungan diantara dua kucing raksasa ini juga sering dilaksanakan di kebun-kebun binatang. Lalu, yang jadi pertanyaannya, jika dua hewan superpower ini bertemu di alam liar, siapakah yang akan menang?

copyright by uniklopedia.blogspot.com

Perbandingan Harimau  vs Singa dari beberapa aspek

Kedua hewan buas ini, menurut laporan pernah bertarung entah di alam liar, tempat penangkaran, juga arena pertarungan. Untuk mengetahui manakah yang akan menang, kita perlu melakukan beberapa perbandingan:

Harimau (Panthera Tigris)

copyright by 4muda.co
  • Harimau diketahui mempunyai 10 spesies meski beberapa diantaranya sudah punah. Dari segi fisik, terdapat Harimau Bengal juga Harimau Siberia yang memiliki tubuh fiisk terbesar dari seluruh spesies kucing ini. Bayangkan saja, panjang tubuh Bengal mencapai antara 270 - 310 cm dengan berat sekitar 180 - 258 kg sedangkan harimau Siberia jantan panjangnya antara 250 - 290 cm dengan berat sekitar 180 – 306 kg.
  • Dari gigitannya, harimau usia dewasa rata-rata mempunyai kekuatan gigitan 1050 Pound per Square inch (PSI),
  • Suara auman harimau dapat terdengar dari jarak 3 km.
  • Sabetan dari cakar tajam harimau sanggup mengoyak-ngoyak tubuh hewan di sekitarnya. Dikatakan bahwa cakaran harimau sangat kuat, bahkan lebih daripada singa dalam hal kecepatan dan juga kebrutalan.
  • Harimau adalah makhluk individual alias soliter, jadi dia tidak suka mengelompok dan lebih memilih untuk berburu sendiri atau mencari mangsanya sendiri. Begitu juga saat dia berkelana di alam liar.

Singa (Panthera Leo)

copyright by lampukecil.com
  • Singa memiliki 12 sub spesies dan beberapa diantaranya juga telah punah. Kebanyakan singa berada di benua Asia serta Afrika. Di Asia panjang rata-rata singa jenis kelamin jantan antara 240 - 290 cm dengan berat 160 - 190 kg, sedangkan di benua Afrika rata-rata panjangnya sekitar 250 - 300 cm dengan berat antara 145-205 kg.
  • Kekuatan gigitan singa dewasa rata-rata 1000 PSI atau 1/2 ton.
  • Singa sama-sama suka mengaum seperti harimau bahkan auman singa dapat terdengar dari jarak 8 km.
  • Sabetan cakar dari kuku singa lebih dalam jika dibangdingkan dengan sabetan kuku harimau.
  • Berkebalikan dengan harimau, singa lebih suka bersosialisasi. Umumnya 1 singa jantan akan menjadi pemimpin dari singa-singa betina termasuk anak-anak singa.

Siapakah yang akan menang, Harimau atau Singa?

copyright by keywordsuggest.org

Setelah melihat beberapa aspek harimau v singa di atas, memang diantara para ilmuwan dan peneliti ada perbedaan pendapat. Di satu sisi mereka yang mengatakan singa akan menang sebab singa mempunyai rambut-rambut panjang di sekitar lehernya sehingga menjadi aspek menguntungkan. Selain itu, singa juga lebih hebat dalam hal perkelahian dibandingkan dengan harimau.

copyright by overpow.com

Di sisi yang lain, mereka yang mendukung harimau mengatakan bahwa harimau lebih kuat secara fisik dibandingkan singa begitu pula kalau dari segi ukuran dimana harimau lebih besar daripada singa. Menurut catatan National Geographic Channel, harimau Bengal bahkan lebih berat sekitar 50 kg dibanding singa Asia apalagi kalau singa itu sedang tidak bersama kawanannya. Selain itu, juga ada pendapat bahwa harimau lebih lincah dalam pertarungan dengan berguling-guling sampai mendapatkan celah dari singa.

Menurut penulis, siapa yang menang bergantung pada usia, berat, ukuran, serta keagresifan kedua hewan buas ini. Singa memang kebanyakan lebih memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun bukan berarti mereka akan kalah dengan harimau sebab singa juga mempunyai kekuatan cakar yang dalam. Di sisi lain harimau juga suka menyendiri sehingga jika bertemu kelompok singa maka dia bisa langsung dihabisi oleh kawanan tersebut. Namun, apabila harimau vs singa ini bertarung sendirian, maka singa juga dapat kalah karena keunggulan harimau dalam hal kelincahan dan juga kecepatan sabetan cakarannya.

Related Posts:

0 Response to "Pertarungan Harimau vs Singa, Siapakah yang Akan Menang?"

Posting Komentar